Selasa, 21 Mei 2013

laporan



PENGESAHAN KEPALA
MA.INFORMATIKA DARUL ULUM PRIGEN




OLEH :


MUJI RAHAYU
NISN : 9953138298

ULAN SARI
NISN : 9952917686

KELAS : XI
                                                                                             
PRAKTEK KERJA INDUSTRI

DI

KANTOR POS PRIGEN


MENGESAHKAN :
KEPALA MA INFORMATIKA DARUL ULUM
PRIGEN







Drs. Sullam Taufiq.M.pd








PERSETUJUAN PEMBIMBING MATERI BAHASA/TEKNIK, KETUA BIDANG KEAHLIAN,
KETUA PELAKSANA




PRAKTIK KERJA INDUSTRI

DI

KANTOR POS PRIGEN





MENYETUJUI,




PEMBIMBING INSTANSI                                                      PEMBIMBING MADRASAH





      DWI RACHMAT ,S.                                                                           ROVIQ,S.Pd.I





KETUA PELAKSANA                                                             


                                                          
      WAL ASRI AMIN                                                                   










DAFTAR ISI




PENGESAHAN KEPALA MAI.DARUL ULUM.........................................................    1

PERSETUJUAN PEMBIMBING MATERI BAHASA / TEKNIK, KETUA BIDANG KEAHLIAN, KETUA PELAKSANA...........................................................................    2

DAFTAR ISI..................................................................................................................    3

KATA PENGANTAR....................................................................................................    4

BAB I       PENDAHULUAN
  • Latar Belakang...................................................................................................    5
  • Pendidikan Sistem Ganda (PSG )......................................................................    5

BAB II     TINJAUAN UMUM
  • Sejarah umum kantor pos..................................................................................    7
  • Struktur Organisasi............................................................................................    8
  • Visi & Misi........................................................................................................    9

BAB III    LAPORAN KEGIATAN
  • Laporan kegiatan sehari-hari.............................................................................   10
  • Masalah yang dihadapi dan pemecahan masalah..............................................   17

BAB IV    HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN
  • Penempatan kerja selama prakerin dan waktunya............................................    18    
  • Prosedur pelaksanaan........................................................................................   18
  • Alat dan Bahan yang digunakan.......................................................................   18

BAB V      PENUTUP
  • Kesimpulan........................................................................................................  19
  • Saran-saran........................................................................................................  19















   KATA PENGANTAR

       Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapatmenyelesaikan laporan hasil pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
          Penyusunan laporan hasil Pendidikan Sistem Ganda ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) tahun pelajaran 2013. Laporan ini sekaligus bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda di Kantor Pos Prigen kabupaten Pasuruan.
          Tidak lupa kami juga mengucapkan terimah kasih kepada seluruh staff dan pegawai instansi kanto Pos Prigen yang telah memberikan kesempatan serta penjelasan kepada kami selama menjalankan PSG.Ucapan terimah kasih khususnya kami persembahkan kepada :
ü  Bapak Drs. Sullam Taufik M.pd, selaku kepala sekolah MAI Darul Ulum Candiwates,yang telah memberikan kemudahan dalam pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
ü  Bapak/Ibu selaku ketua Koprodi yang telah memberikan bimbingannya.
ü  Bapak Dwi Rachmat, Selaku kepala Kantor Pos Pandaan yang telah mengijinkan dan banyak membimbing ditempat PSG.
ü  Bapak Roviq,S.Pd.I, selaku pembimbing seklah yang telah memonitor dan membimbing pelaksanaan PSG.
ü  Ibu Anis Sholichah S.pd Selaku wali kelas di kelas XI
ü  Bapak dan Ibu guru MAI DARUL ULUM CANDIWATES.
ü  Pegawai kantor Pos yang selalu setia mengantar kami kemana saja kami pergi selama melakukan PSG
ü  Orang Tua yang selalu mendukung semua kegiatan yang kami lakukan
ü  Teman-teman yang selalu memberi dukungan agar selalu semangat.
ü  Teman-teman di Kanto Pos yang selalu membantu disetiap ada kesulitan.
ü  Semua pihak yang turut membantu dalam melsksanakan PSG.
         Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna.Oleh karena itu apabila terdapat kesalahan dalam tulisan maupun pengertian, kami selaku penyusun mohon maaf sebesar besarnya. Besar harapan kami bahwa kelak dikemudian hari laporan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi siapa saja yang membutuhkan.AMIN....!!!                                                                    
Prigen,01 Mei 2013

Penyusun
BAB 1
 PENDAHULUAN


 A. LATAR BELAKANG

        Praktek kerja industri merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan di sekolah di dunia industri yang di peroleh dengan melakukan praktek kerja secara langsung dan terarah  untuk menanbah keahlian tertentu. Dalam program pelaksana PSG / prakerin yang telah di tetapkan oleh pemerintah untuk sekolah kejuruan tingkat atas pada kurikum 2013/2014, maka kami selaku siswa-siswi PSG ingin meningkatkan serta menguji coba kemampuan kami untuk bekerja secara baik dan benar dalan bidang keterampilan berdasarkan ilmu yang telah kami dapatkan atau kami terima dari sekolah.
        Pelajaran-pelajaran yang selama ini hanya kami terima dalam bentuk teori saja tanpa praktek secara langsung, kami rasa masih kurang dan perlu di tindak lanjuti berupa aktualisasi dalam ruang kerja yang sebenarnya. Disamping itu kegiatan PSG / prakerin ini juga merupakan syarat utama kami dalam pemenuhan nilai kelulusan kami. Oleh karena itu, kami selaku siswa-siswi PSG di wajibkan untuk menyusun sebuah karya tulis dalam bentuk laporan atau paper. Tujuan utamanya adalah sebagai bahan pembelajaran tentang penyusunan laporan serta peningkatan kemampuan dalam pengaplikasian teori yang telah kami peroleh di MA.INFORMATIKA DARUL ULUM.

B. PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
  1. MAKSUD DARI PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
            Adapun maksud dilaksanakannya Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini adalah  :
a)      Membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja
b)      Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja.
c)      Memperluas dan memantapkan proses penetapan teknologi baru dari lapangan kerja kesekolah maupun sebaliknya.
d)     Diharapkan dari hasil penulisan ini nantinya dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada perusahaan/instansi dalam mengambil kebijakan dimasa yang akan datang.
e)      Memantapkan sikap professional yang diperlukan oleh siswa dalam memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangnya.

  1. TUJUAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)

                  Tujuan dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bagi setiap siswa yang akan menyelesaikan studinya dari MA.Informatika Darul Ulum adalah sebagai berikut :
a)      Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dengan kenyataan yang ada di lapangan.
b)      Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman dalam era informasi dan teknologi.
c)      Sebagai salah satu  syarat untuk menyelesaikan pendidikan sesuai program pendidikan
d)     Mengembangkan dan memantapkan sifat profesionalisme yang diperlukan siswa untuk memasuki lapangan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
e)      Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.






















BAB II
TINJAUAN UMUM

·         Sejarah Umum Perusahaan
             Kantor Pos pertama di Indonesia berdiri di Batavia pada tanggal 26 Agustus 1746 didirikan oleh Gubenur Jenderal GW Baron. Pada tahun 1906 kantor pos dinamakan Posts Telegraafend Telefoon Diensts.
             Dan bersamaan ditemukannya telegraf dan telepon, dibentuklah Dinas Pos Telegraf dan Telepon yang disingkat PTT. Pada tahun 1922 – 1923, kantor pusat PTT di Sumatera yang mula-mula berkedudukan di Weltevrden (Gambir – Jakarta) mulai pindah ke gedung Burgerlijke Openbare Werken (BOW) atau Dinas Pekerjaan Umum Bandung.
             Pada tanggal 27 September 1945 jawatan PTT Republik Indonesia ditandai pengambil alihan Kantor Pusat PTT di Bandung oleh Angkatan Muda PTT dari pemerintahan Militer Jepang. Tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Bakti Postel.
             Pada Tahun 1961 status Jawatan PTT berubah menjadi Perusahaan Negara (PN) Pos dan Telekomunikasi.
             Kantor Pos Prigen sendiri mulai di buka pada tanggal 11 September 1979. Kantor Pos Prigen bertempat di Kelurahan Gambiran Kecamatan Prigen Pasuruan. Kantor Pos ini berdiri dengan pembiayaan dari pihak Pemerintah dan Kantor Pos sendiri.
1.                    Latar Belakang DU/DI
             Kantor Pos  adalah suatu badan usaha milik negara (BUMN) yang bertugas melayani masyarakat umum dalam bentuk jasa. Jasa tersebut berupa jasa pengiriman surat, uang, maupun paket.
             Kantor Pos memiliki ciri khas tersendiri, yakni warna khas kantor pos,orange dan abu – abu.dan Kantor Pos diberi lambang burung merpati karena sebelum ada kantor pos orang – orang pada jaman dahulu mengirim surat melalui burung merpati.
             Kantor Pos juga mempunyai visi dan misi, yaitu :
f)                     Meningkatkan kualitas pelayanan publik,dan
g)                    Meningkatkan prestasi kerja
h)                    menyediakan solusi handal dalam mail, logistik dan jasa keuangan dengan
                        menggunakan jejaring bisnis dan infrastruktur terluas dan terpadu serta                                           mengembangkan hubungan kolaboratif.

                        Untuk menjadi pegawai Kantor Pos harus memenuhi syarat sebagai berikut :
Ø     Memiliki kesehatan jasmani dan rohani
Ø     Dinyatakan lulus dalam ujian tulis dan ujian lisan
Ø     Termasuk WNI
Ø     Usia minimal / maksimal 19 – 25 tahun
Ø     Pendidikan terakhir SLTA

·         Stuktur Organisasi

Menteri Perhubungan
 
 
Agen Pos
 
Rumah Pos
 
Kantor Pos dan
Giro Tambahan
 
Kantor Pos dan
Giro Tambahan
 
Kantor Pos
Dan Giro
 
Sentral Giro
Gabungan
 
Sentral
Giro
 
Kepala Daerah Pos dan Giro
 
Dirut Perum Pos dan Giro
 
Dirjen Pos dan Telekomunikasi
 
            






















VISI


Menjadi pemimpin pasar di indonesia dengan menyediakan layanan surat,
paket dan logistik yang handal serta jasa keuangan yang terpercaya.




                                                 

MISI



ü  Berkomitmen kepada pelangan untuk menyediakan layanan yang selalu tepat waktu dan nilai terbaik.
ü  Berkomitmen kepada karyawan untuk mnberikan iklim kerja yang aman, nyaman dan menghargai kontribusi.
ü  Berkomitmen kepada pemegang saham unyuk memberikan hasil usaha yang menguntungkan dan terus bertumbuh.
ü  Berkomitmen untuk berkontribusi positif kepada masyarakat.
ü  Berkomitmen untuk berperilaku trasparan dan terpercaya kepada seluruh pemangku kepentingan.




















BAB III
LAPORAN KEGIATAN SEHARI-HARI


No
Hari & Tanggal
Kegiatan
1
Senin,18 Februari 2013
Ø  Penyerahan pembimbing kepada pemilik atau tempat prakerin.
Ø  Penjelasan mengenai peraturan-peraturan yang ada dalam instansi.
Ø  Belajar menyetempel.
Ø  Memberi stempel pada kwitansi.
Ø  Belajar menyetempel pada surat-surat penting.
Ø  Belajar melayani pembayaran cicilan sepeda motor, tagihan listrik, mengambil kiriman uang, mengirim uang, melayani pengiriman dan pengambilan Wesel pos.
2
Selasa,19 Februari 2013
Ø  Menyetempel tanda pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pembayaran SOPP ( system online paimen pain )
3
Rabu,20 Februari 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Pengisian statistik S7.
4
Kamis,21 Februari 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Pengisian statistik S7.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP (wesel pos ).
5
Jumat,22 Februari 2013
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Melayani pengiriman pos exspres.
6
Sabtu,23 Februari 2013
Ø  Menyetempel surat-surat yang akn dikirim.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Pengisian statistik S7.
7
Senin,25 Februari 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pengiriman pos EXP-SKH-PP dan EMS.
8
Selasa,26 Februari 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pengiriman EXP.
Ø  Melayani pembelian materai.
9
Rabu,27 Februari 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
10
Kamis,28 Februari 2013
Ø  Menulis statistik S7.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
11
Jumat,01 Maret 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pembayarn SSP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Melayani pengiriman EXP-PP.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Pembuatan adpis IV.
12
Sabtu,02 Maret 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim .
Ø  Melayani pengiriman EXP-SKH.
13
Senin,04 Maret 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman EXP-PP-EMS.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
14
Selasa,05 Maret 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
15
Rabu,06 Maret 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengiriman EXP-PP-EMS.  
16
Kamis,07 Maret 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pengiriman EXP.
17
Jumat,08 Maret 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengiriman EMS.
Ø  Melayani pembelian materai.
18
Sabtu,09 Maret 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pengiriman / pembayaran WP.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Melayani pengiriman EXP-EMS.
19
Senin,11 Maret 2013
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  Melayani pengiriman EXP-PP-EMS.
20
Selasa,12 Maret 2013
Ø  HARI RAYA NYEPI
21
Rabu,13 Maret 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Melayani pengiriman EXP-SKH-PP-EMS.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Mengisi adpis.
22
Kamis,14 Maret 2013
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembelian perangko dan materai.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman PP-SKH-EXP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengambilan WU dan WP.
Ø  Mengisi adpis.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
23
Jumat,15 Maret 2013
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  Pembuatan adpis IV.
24
Sabtu,16 Maret 2013
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  Pembuatan adpis IV.
Ø  Pengisian statistik S7.
Ø  Melayani pengiriman EXP-SKH-EMS.
25
Senin,18 Maret 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang penting.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  menulis adpis.
Ø  menyetempel kwitansi.
Ø  Melayani pengiriman EXP-SKH-PP-EMS.
26
Selasa,19 Maret 2013
Ø  Menyetempel kwitansi.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Menulis adpis N.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
27
Rabu,20 Maret 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembayaran SSP.
Ø  Menyetempel kwitansi.
Ø  Menulis adpis N.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
28
Kamis,21 Maret 2013
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
29
Jumat,22 Maret 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko
Ø  Melayani pengiriman PP-SKH-EXP
Ø  Melayani pembayaran SSP
Ø  Melayani pembayaran SOPP
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim
Ø  Menulis adpis N
30
Sabtu,23 Maret 2013
Ø  Melayani pembelian meterai dan perangko.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Meleyani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melyani pengambilan WU.
Ø  Menyetempel kwitansi.
Ø  Menulis adpis N.
31
Senin,25 Maret 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pengambilan WU.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Melayani pengiriman EXP-SKH-PP.
32
Selasa,26 Maret 2013
Ø  Menulis adpis N.
Ø  melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman PP-SKH-EXP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengiriman WU.
Ø  Pengisian statistik S7.
33
Rabu,27 Maret 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP
Ø  melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pengambilan WU.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Menulis adpis N.
Ø  Melayani pengiriman EXP-SKH-PP.
34
Kamis,28 Maret 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman PP-SKH-EXP.
35
Jumat,29 Maret 2013
Ø  WAFAT YESUS KRISTUS.
36
Sabtu,30 Maret 2013
Ø  Menyetempel kwitansi.
Ø  Melayani pengambilan WU.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Pembuatan adpis IV.
Ø  Melayani pengiriman EXP-SKH-PP.
37
Senin,01 April 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Melayani pengiriman EXP-SKH-PP-EMS.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
38
Selasa, 02 April 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos
Ø  menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengambilan WU (Western Union)
39
Rabu, 03 April 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Melayani pengiriman EXP-SKH.
40
Kamis, 04 April 2013
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembelian perangko dan materai.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman PP-SKH-EXP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengambilan WU.
41
Jumat, 05 April 2013
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Menulis adpis N (daftar perangkat kirim).
42
Sabtu, 06 April 2013
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
43
Senin, 08 April 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
44
Selasa, 09 April 2013
Ø  Menyetempel kwitansi.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Menulis adpis N.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
45
Rabu, 10 April 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembayaran SSP.
Ø  Menyetempel kwitansi.
Ø  Menulis adpis N.
46
Kamis, 11 April 2013
Ø  Menulis adpis N.
Ø  menyetempel kwitansi.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
47
Jumat, 12 April 2013
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Melayani pengiriman SKH-EXP-PP-EMS.
48
Sabtu, 13 April 2013
Ø  Melayani pembelian meterai dan perangko.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Meleyani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembayaran SSP.
Ø  Melyani pengambilan WU.
Ø  Menyetempel kwitansi.
Ø  Menulis adpis N.
49
Senin, 15 April 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pengambilan WU.
50
Selasa, 16 April 2013
Ø  Menulis adpis N.
Ø  melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman PP-SKH-EXP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengiriman WU.
51
Rabu, 17 April 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP
Ø  melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pengambilan WU.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Menulis adpis N.
Ø  menyetempel kwitansi.
52
Kamis, 18 April 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  menulis adpis N.
Ø  melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman PP-SKH-EXP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengambilan WU.
53
Jumat, 19 April 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Menulis adpis N.
Ø  melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  menyetempel surat-surat yang akan di kirim.
Ø  Melayani pengambilan WU.
54
Sabtu, 20 April 2013
Ø  Melayani pengambilan WU.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembayaran SOPP.
Ø  Menulis adpis N.
Ø  melayani pembelian materai dan perangko.
55
Senin, 22 April 2013
Ø  IZIN (SAKIT).
56
Selasa,23 April 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos
Ø  menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
57
Rabu,24 April 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Piket
58
Kamis,25 April 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Melayani pengiriman PP-SKH-EXP.
Ø  Melayani pengiriman / pengambilan WP.
59
Jumat,26 April 2013
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
Ø   Melayani pengiriman / pengambilan WP.
Ø  Melayani pembelian materai.
Ø  Pembuatan adpis IV.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Melayani pengiriman PP-EXP-SKH.
60
Sabtu,27 April 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan di kirim
Ø  Melayani pembayaran SOPP
Ø  Melayani pembataran SSP
Ø  Melayani pengambilan WU
61
Senin,29  April 2013
Ø  Melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pembayaran SSP.
Ø  Menyetempel surat-surat yang penting.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  menulis adpis N.
Ø  menyetempel kwitansi.
Ø  Melayani pembayaran SOPP.
62
Selasa,30 April 2013


Ø  Menyetempel kwitansi.
Ø  Melayani pengambilan WU.
Ø  Menyetempel surat-surat yang akan dikirim.
Ø  Melayani pengiriman dan pengambilan wesel pos.
Ø  melayani pembayaran SOPP.
Ø  Menulis adpis N.
Ø  melayani pembelian materai dan perangko.
Ø  Melayani pengiriman EXP-SKH.
Ø  Melayani pembayaran SSP.


*) MASALAH YANG DI HADAPI DAN PEMECAHAN                                     
MASALAH :

     A. MASALAH  YANG DI HADAPI.
o   Sebaliknya itu tidak ada hambatan / masalah.
o   Kurang adanya pegawai.
o   Kurangnya koordinasi antar pegawai.
     B. PEMECAHAN MASALAH.
    • Pembimbing Instansi lebih ulet dalam membimbing kita.
    • Mencoba memahami apa yang sudah dijelaskan oleh pembimbing Instansi.
    • Bertanggung jawab serta mematuhi peraturan yang telah diterapkan.
    • Menjalin hubungan yang lebih baik dan pembagian tugas secara merata.        











BAB IV

HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN

·         KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

A.    PENEMPATAN KERJA SELAMA PRAKERIN DAN WAKTUNYA
Pendidikan studi ganda di MA. Informatika Darul Ulum ini di adakan di beberapa tempat. Salah satunya di Kantor Pos Prigen JL. Raya jagil kecamatan prigen kabupaten pasuruan. Pendidikan studi ganda di Kantor Pos Prigen dilaksanakan tanggal 18 FEBRUARI 2013 s.d 30 APRIL 2013. Kegiatan ini di mulai jam 07.30 WIB sampai dengan selesai. Akan tetapi setiap hari minggu dan tanggal merah lainnya libur.

B.     PROSEDUR PELAKSANAAN
Selama melakukan Pendidikan studi Ganda di Kantor Pos Prigen kami merasa tidak terlalu di bebani pekerjaan yang berat karena di sana tidak terlalu banyak pekerjaan. Tetapi walaupun begitu kami akan tetap berusaha untuk mengerjakan pekerjaan itu dengan sebaik-baiknya. Setelah selesai memakai alat-alat yang di gunakan, kami akan menatanya kembali seperti semula.
Selain itu kami merasa mendapat pengalaman dan wawasan baru yang sebelumnya tidak kami ketahui. Kami juga dapat bekerja langsung dan mendalami serta memahami dunia pekerjaan itu sendiri. Seperti orang membeli materai, perangko dan membayar SOPP,SSP dll.

C.    ALAT DAN BAHAN YANG DI GUNAKAN
Selama prakerin di Kantor Pos prigen kami tidak merasa terbebani dalam mengerjakan tugas, karena untuk mengerjakannya semua fasilitas sudah terpenuhi seperti :
1.      Computer
2.      Bulpoint
3.      Meja
4.      Kursi dll




BAB V

PENUTUP

  1.  KESIMPULAN

           Kesimpulan yang dapat kami ambil dari hasil pelaksanaan PSG di kantor Pos prigen antara lain:

  • Tujuan dari PSG adalah untuk meningkatkan kerja sarana nyata diluar sekolah dan untuk menambah nilai akhir sekolah.
  • Setiap staf /pegawai diKantor Pos prigen memiliki tugas masing-masing yang sudah terkendali dan terperinci.
  • Kantor Pos prigen memiliki Visi dan Misi dalam melaksanakan tugas yang intinya biasanya memberikan pelayanan secara maksimal pada masyarakat serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.


  B. SARAN-SARAN

   Saran yang dapat kami berikan dari hasil pelaksanan PSG antara lain.

o   Perlu adanya penjelasan dan pengaturan tentang tugas pokok dan fungsi dari masing-masing pegawai agar tidak terjadi tumpang tindi antara tugas satu dengan yang lainnya.
o   Mohon bimbingan pada peserta PSG lebih ditingkatkan agar tujuan yang diharapkan bisa tercapai.
o   Perlu adanya Management dan pengorganisasian antara atasan dan bawahan yang lebih baik agar tercipta suasana kerja yang konduktif dan dinamis.











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar