Kamis, 30 Mei 2013


 A. LATAR BELAKANG

        Praktek kerja industri merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan di sekolah di dunia industri yang di peroleh dengan melakukan praktek kerja secara langsung dan terarah  untuk menanbah keahlian tertentu. Dalam program pelaksana PSG / prakerin yang telah di tetapkan oleh pemerintah untuk sekolah kejuruan tingkat atas pada kurikum 2013/2014, maka kami selaku siswa-siswi PSG ingin meningkatkan serta menguji coba kemampuan kami untuk bekerja secara baik dan benar dalan bidang keterampilan berdasarkan ilmu yang telah kami dapatkan atau kami terima dari sekolah.
        Pelajaran-pelajaran yang selama ini hanya kami terima dalam bentuk teori saja tanpa praktek secara langsung, kami rasa masih kurang dan perlu di tindak lanjuti berupa aktualisasi dalam ruang kerja yang sebenarnya. Disamping itu kegiatan PSG / prakerin ini juga merupakan syarat utama kami dalam pemenuhan nilai kelulusan kami. Oleh karena itu, kami selaku siswa-siswi PSG di wajibkan untuk menyusun sebuah karya tulis dalam bentuk laporan atau paper. Tujuan utamanya adalah sebagai bahan pembelajaran tentang penyusunan laporan serta peningkatan kemampuan dalam pengaplikasian teori yang telah kami peroleh di MA.INFORMATIKA DARUL ULUM.

B. PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
  1. MAKSUD DARI PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
            Adapun maksud dilaksanakannya Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini adalah  :
a)      Membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja
b)      Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja.
c)      Memperluas dan memantapkan proses penetapan teknologi baru dari lapangan kerja kesekolah maupun sebaliknya.
d)     Diharapkan dari hasil penulisan ini nantinya dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada perusahaan/instansi dalam mengambil kebijakan dimasa yang akan datang.
e)      Memantapkan sikap professional yang diperlukan oleh siswa dalam memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangnya.

  1. TUJUAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)

                  Tujuan dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bagi setiap siswa yang akan menyelesaikan studinya dari MA.Informatika Darul Ulum adalah sebagai berikut :
a)      Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dengan kenyataan yang ada di lapangan.
b)      Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman dalam era informasi dan teknologi.
c)      Sebagai salah satu  syarat untuk menyelesaikan pendidikan sesuai program pendidikan
d)     Mengembangkan dan memantapkan sifat profesionalisme yang diperlukan siswa untuk memasuki lapangan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
e)      Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar